3 Tips Minum Kopi yang Aman Buat Perut Jika Anda Punya Maag

Anda yang sedang mengalami maag sebenarnya tidak disarankan untuk minum kopi karena kandungan kafeinnya dapat meningkatkan produksi asam lambung. Asupan kafein yang berlebihan juga dapat mengendurkan otot esofagus dan mengiritasi dinding lambung, sehingga gejala maag mudah kambuh. Namun, bagaimana jika Anda termasuk pecinta kopi? Adakah cara yang aman bagi penderita maag untuk minum kopi?

Tips aman bagi penderita maag untuk minum kopi

Sulit untuk menahan keinginan minum kopi tapi ragu karena maag? Sesekali, memuaskan hasrat ngopi memang bukan masalah, tapi ingatlah tiga hal ini dulu.

1. Pilih jenis kopi yang tidak asam

penambah rasa kopi hitam

Tidak semua kopi itu sama. Bergantung pada bagaimana mereka diproses, ada biji kopi yang mengandung lebih sedikit kafein dan rasanya kurang asam.

Meluncurkan laman Keluarga Sangat Baik, semakin lama biji kopi dipanggang, semakin asam rasanya, semakin tinggi kandungan kafeinnya, dan semakin gelap warnanya.

Itu sebabnya sebaiknya pilih kopi arabika yang rasanya agak manis dan lembut. Kandungan kafeinnya juga hanya sekitar 1,2% dibanding kopi Robusta yang memiliki kafein 2,2%.

Alternatifnya adalah memilih minuman kopi (dari biji arabika) yang diolah menggunakan teknik cold brew. Teknik cold brew akan menghasilkan konsentrat kopi yang kental namun berasa lebih manis dan rendah kafein. Tingkat keasaman kopi seduh dingin lebih tinggi (pH 6,31) dibandingkan kopi hitam yang diseduh dengan air panas (pH 5,48). Pada skala pH, semakin kecil angkanya semakin asam zat tersebut.

Jika Anda lebih suka kopi panas, pilih teknik pembuatan bir panggang gelap dan fermentasi. Kedua jenis kopi tersebut mengandung senyawa yang lebih aman sehingga lebih kecil risiko terjadinya peningkatan asam lambung.

Baca:  Cara Balas Dendam Yang Dijamin Bikin Mantan Nyesel

2. Tambahkan susu

minum susu saat fajar

Susu merupakan minuman yang baik untuk penderita maag atau asam lambung. Itu sebabnya mencampurkan kopi dengan susu bisa jadi alternatif yang lebih aman agar maag tidak mudah kambuh lagi.

Dengan catatan, pilihlah susu rendah lemak (susu skim) dan pastikan Anda tidak memiliki alergi susu sapi. Kandungan lemak tinggi pada susu krim penuh atau susu dapat melonggarkan cincin otot esofagus bagian bawah.

Protein dari susu murni juga dapat berinteraksi dengan sejumlah senyawa dalam kopi untuk mendorong asam lambung naik ke kerongkongan.

3. Batasi porsi

sakit perut setelah minum kopi

Jangan korbankan perutmu hanya untuk memuaskan dahaga kopimu. Apalagi untuk rela meminum secangkir kopi sehari.

Bagi penderita maag, sebaiknya batasi minum kopi maksimal 1 cangkir sehari. Jika melebihi dosis ini, dikhawatirkan asam lambung akan meningkat sehingga menyebabkan maag kambuh.

Lebih baik lagi jika menggunakan cangkir atau gelas kecil.

Mencegah lebih baik daripada mengobati

Betapapun bijaknya Anda mengakali kebiasaan ngopi, para ahli kesehatan tetap tidak menganjurkan agar penderita maag minum kopi. Karena tidak menutup kemungkinan gejala maag bisa kambuh kapan saja setiap kali minum kopi.

Konsultasikan juga dengan dokter Anda mengenai makanan dan minuman apa yang harus Anda konsumsi dan hindari untuk mencegah tukak berulang.

Postingan 3 Tips Minum Kopi Yang Aman Untuk Perut Jika Menderita Maag muncul pertama kali di Hello Sehat.