5 Ciri – ciri Hamil Tanpa Mual yang Perlu Mams Ketahui

ciri hamil tanpa mual

Kebanyakan ibu hamil biasanya mengalami mual hingga muntah di awal kehamilan. Nyatanya, ada ibu hamil yang mengalaminya mual di pagi hari sangat buruk sehingga dia hanya bisa berbaring di tempat tidur. Mual adalah tanda kehamilan yang paling dikenal. Namun jangan salah, tidak semua kehamilan mengalami mual lho, Bu. Lantas, apakah normal hamil tanpa mual?

Kita sering mendengar bahwa selalu ada perbedaan antara satu kehamilan dengan lainnya. Termasuk mual, tidak semua ibu hamil mengalami mual saat hamil. Ternyata, hal tersebut wajar terjadi pada ibu hamil.

Begitu, Bu tidak perlu khawatir ya. Pada dasarnya mual terjadi karena tingginya kadar hormon kehamilan. Jadi, jika ibu hamil tanpa rasa mual, berarti ibu memiliki tubuh yang cepat beradaptasi dengan kehadiran kehamilan. Begitu, hamil tanpa mual berarti Bunda punya tubuh yang lebih kuat!

Ciri-Ciri Kehamilan Tanpa Mual

Jika pada awal kehamilan seorang ibu hamil tidak mengalami mual, maka gejala apa yang dapat mengidentifikasi kehamilan seseorang? Berikut Ciri-Ciri Hamil Tanpa Mual yang Perlu Anda Tahu!

Hamil tanpa mual
sumber: alodokter

Sensitif Terhadap Bau

Jika rasa lelah pada ibu hamil dipengaruhi oleh adanya hormon progesteron, berbeda dengan meningkatnya kepekaan terhadap penciuman. Kepekaan terhadap penciuman disebabkan oleh adanya hormon estrogen pada ibu hamil. Beberapa ibu hamil mengalami gejala kehamilan yang satu ini. Bahkan ada yang bahkan tidak kuat berlama-lama di dapur karena aromanya yang kuat lho Bu! Apalagi jika menu yang dimasak adalah makanan dengan aroma yang menyengat seperti sambal, hewan laut, daging kambing, dan lain sebagainya.

Jika ini terjadi pada Mama, gunakan masker yang dilapisi tisu saat memasak. Tips berikut cukup membantu untuk menahan bau masakan. Semoga beruntung, Bu!

Cepat lelah dan mudah mengantuk

Sebagai seorang istri, tentunya Mams memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan setiap hari. Belum lagi bagi Mams yang memilih bekerja di kantoran. Aktivitas padat sudah pasti menjadi rutinitas. Namun, jika akhir-akhir ini Mams cepat lelah dan mudah mengantuk saat beraktivitas, ini bisa jadi pertanda Mams hamil, lho!

Kehadiran hormon progesteron di dalam tubuh membuat ibu hamil kerap merasa lelah. Meski bukan satu-satunya penentu kehamilan, kehadiran gejala kehamilan lainnya bisa memperkuat kecurigaan akan kehamilan yang terjadi!

Baca:  Moisturizer Dulu Atau Sunscreen? Ini Urutan Pemakaian yang Benar

Area Di Sekitar Puting Lebih Gelap

Selain hamil tanpa mual. Selama hamil, Bunda akan mengalami beberapa kali perubahan fisik, salah satunya pada payudara. Peningkatan kadar hormon progesteron menggelapkan area di sekitar puting (areola). Selain itu, biasanya ibu hamil juga merasakan payudaranya terasa lebih kencang.

Baca Juga: Selain Mitos Kehamilan, Banyak Ibu Yang Tak Tahu Fakta Kehamilan Ini!

Sering buang air kecil

Sering buang air kecil pada awal kehamilan merupakan kejadian umum selama kehamilan. Sayangnya, tidak semua ibu hamil menyadari bahwa inilah salah satu ciri kehamilan. Ini disebabkan oleh adanya hormon human chorionic gonadotropin (hCG). Prosesnya yaitu hormon hCG mempengaruhi peningkatan aliran darah ke ginjal sehingga membuat produksi urin dalam tubuh meningkat.

Apakah itu hanya terjadi di awal kehamilan? Sayangnya tidak, rahim yang membesar memberi tekanan pada kandung kemih. Tekanan inilah yang menyebabkan ibu sering buang air kecil meski kandung kemihnya belum penuh. Saat Anda mengalami sering buang air kecil saat hamil, sebaiknya jangan menahan atau menundanya ya Bu. Pasalnya, menahan atau menunda buang air kecil bisa menyebabkan infeksi.

Peningkatan Suhu Tubuh

Bukan berarti demam, suhu tubuh hanya meningkat saat Anda bangun pagi. Suhu tubuh saat bangun pagi juga disebut suhu tubuh basal atau BBT. Kenaikan suhu BBT disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron pada saat ovulasi. Tenang Bu, biasanya ini hanya terjadi dalam rentang waktu kurang lebih 18 hari di awal kehamilan.

Baca Juga: 13+ Tanda Kehamilan Dapat Dipercaya, Deteksi Awal Kehamilan

Nah, itulah ciri-ciri hamil tanpa mual yang perlu Bunda ketahui. Jika masa haid telah lewat dan sebagian dari ciri-ciri tersebut terjadi pada Mama, mulailah menghitung masa kehamilan sejak hari pertama haid terakhir (HPHT).

Cek pemakaian test pack kemudian pergi ke ginekolog saat kandungan mencapai 11 minggu. Tetap sehat, Bu!

Artikel Menarik Lainnya:

  • 7 Pilihan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil, Baik untuk Janin
  • Waspadalah, ini adalah tanda-tanda keguguran tanpa pendarahan
  • Kontrol Kehamilan Selama Pandemi? Perhatikan Ini
  • Mama, yuk intip perkembangan janin minggu ini

Postingan 5 Ciri Kehamilan Tanpa Mual yang Perlu Diketahui Bunda muncul pertama kali di Mamapapa.id.