Amien Rais Bentuk Partai Ummat, Waketum PAN Angkat Bicara

Amien Rais Bentuk Partai Ummat, Waketum PAN Angkat Bicara
Wakil Ketua Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA – Amien Rais yang dikenal sebagai salah satu pendiri dan mantan ketua umum Partai Amanat Nasional secara resmi mendirikan partai politik baru bernama Partai Ummat. Pendirian partai menjadi sorotan, bahkan Wakil Ketua PAN, Viva Yoga.

Hal itu dikatakan Wakil Walikota PAN dengan Amien Rais & # 39; pilihan posisi, berarti secara resmi dan secara hukum konstitusional dia telah meninggalkan PAN. “Pak Amien sebagai salah satu pendiri dan mantan ketua PAN 2000-2005 sudah bukan lagi bagian dari keluarga PAN. Jadi, Pak Amien Rais sudah tidak identik lagi dengan PAN, ”kata anggota DPR itu saat dihubungi Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Kamis (1/10/2020).

Selain itu, menurutnya ideologi PAN dan partai baru besutan Amien Rais itu berbeda. PAN berideologi nasionalis-religius, sedangkan Partai Ummat adalah partai Islam.

Perhatian! Berikut 6 langkah jitu merawat ban mobil

Dengan demikian, ia menyimpulkan, perbedaan ideologi politik tentu akan berdampak berbeda pada basis sosial di masyarakat, kata juru bicara PAN tersebut. Viva menilai kader partainya memiliki rasionalitas politik sehingga tidak terpengaruh oleh pembentukan Partai Ummat oleh Amien Rais, yang merupakan Ketua PAN periode 2000-2005.

“Mereka akan tetap istikamah dan cinta PAN. Kalau ada anggota yang keluar dari PAN dan bergabung dengan Partai Ummat itu hanya sebagian kecil saja. Itu tidak signifikan,” kata Viva Yoga.

Tidak ada Gembosi PAN

Ia mengatakan, sejauh ini belum ada satupun anggota DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten, maupun Kota atau kader eksekutif yang menyatakan keluar dari PAN dan bergabung dengan Partai Ummat.

Album Baru Be BTS (Edisi Deluxe) Dirilis 20 November

Menurutnya, menjadi anggota legislatif dan eksekutif melalui kontestasi dan kemenangan pemilu merupakan buah perjuangan yang sulit. Hal ini menyebabkan kader PAN berpikir realistis sebagai politisi dan dipilih karena representasi dari dukungan rakyat terhadap PAN, ujarnya.

Baca:  Ini Peran 4 Terduga Teroris Jaringan JI Yang Ditangkap Densus

Lebih lanjut Viva Yoga menjelaskan bahwa sistem kepartaian dan pemilu menurut hukum membutuhkan sumber daya partai yang kuat. Pasalnya, tidak mudah bagi parpol baru untuk merebut kursi di DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten / kota.

Seperti diketahui, Amien Rais mengatakan, Partai Ummat bertekad bekerja dan berjuang bersama anak bangsa. Melawan ketidakadilan dan menegakkan keadilan.

KLIK dan SUKA untuk lebih banyak berita Solopos

Postingan Amien Rais Bentuk Partai Ummat, Waketum PAN hingga Angkat Bicara muncul pertama kali di Solopos.com.