Cara Mengatur Keuangan Saat Liburan Akhir Tahun Kala Pandemi

Cara Mengatur Keuangan Saat Liburan Akhir Tahun Kala Pandemi

Akhir tahun 2020 tinggal menghitung hari-hari Mampaps, persiapan apa saja yang akan dilakukan menyambut liburan akhir tahun? Adakah yang berencana meninggalkan kota untuk menghabiskan liburan akhir tahun selama pandemi ini? Atau hanya berbelanja di rumah dan mengikuti HARBOLNAS alias Hari Belanja Online Nasional? Ingat! Pada saat pandemi ini memang kita dituntut untuk menabung dan mengetahui bagaimana mengatur keuangan saat liburan, hal ini berguna agar saat liburan usai, keuangan tetap stabil. Tidak ada kata-kata “Pulanglah, ada hutang” hehehe

Bagaimana Mengelola Keuangan Selama Liburan Akhir Tahun Selama Pandemi

sumber gambar: stockphoto.com

Memang merencanakan liburan harus dibarengi dengan biaya yang harus dikeluarkan selama masa liburan. Jika Anda sedang berlibur ke luar kota, pastikan berapa budget yang dibutuhkan untuk membeli tiket, penginapan, makan, biaya transportasi, belanja dan keperluan darurat lainnya! Jadi, pastikan jika memilih liburan ke luar kota Mampaps, tetap mematuhi protokol kesehatan agar tidak terkena virus COVID-19.

Baca Juga: Gaji Kecil? Berikut Tips Mengelola Keuangan Saat Pandemi Ma!

Hal ini tentunya sama untuk Mampaps yang sedang menunggu HARBOLNAS 12.12 atau diskon akhir tahun yang menggiurkan, pastikan untuk menyisihkan budget dan barang apa yang akan diincar saat berbelanja.

Sebelumnya para Mampaps harus mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan pada saat liburan agar keuangan tetap terjaga jelang liburan akhir tahun saat pandemi, diantaranya:

Pemeriksaan Keuangan

Merencanakan liburan akhir tahun, harus cek dulu keuangan yang mampat, jangan pernah memaksakan kemauan dan keuangan sendiri tidak terpenuhi. Apalagi pada saat pandemi ini, beberapa orang terkena pandemi sehingga penghasilan bulanannya berkurang atau bahkan tidak ada. Begitu, cek dulu keuangannya, baru kamu bisa merencanakan liburan akhir tahun yang menyenangkan bersama keluarga.

Pilih Liburan Anggaran

Cara mengatur keuangan saat liburan selanjutnya adalah dengan memilih liburan yang murah dan terjangkau, seperti memilih liburan di kota seperti taman kota atau mengunjungi tempat wisata yang buka saat terjadi pandemi. Tidak hanya itu, Mampaps juga dapat menciptakan suasana liburan yang menyenangkan di rumah, seperti mengajak keluarga berkemah, makan malam seperti grill bersama keluarga atau beberapa aktivitas lainnya.

Baca Juga: Selamat! Ini pertanda keuangan rumah tangga stabil saat terjadi pandemi

Hindari Menggunakan Kartu Kredit

Jika sudah setuju untuk berlibur ke luar kota, selain mematuhi protokol kesehatan, pastikan juga untuk menghindari penggunaan kartu kredit ya. Mengapa? Padahal penggunaan kartu kredit bisa memudahkan Mampaps membayarnya, percayalah menggunakan kartu kredit hanya menambah biaya liburan semakin besar.

Periksa Kebutuhan

Pastikan untuk selalu bisa membedakan mana yang kamu butuhkan dan mana yang kamu inginkan saat liburan akhir tahun, biasanya diskon akhir tahun yang menggiurkan ini bisa membuat Mampaps melupakannya. Mungkin semua barang diskon yang tidak terlalu dibutuhkan sudah terbeli dan alhasil barang tersebut akan menumpuk di rumah. Begitu, tidak ada salahnya untuk memikirkan apa yang harus dibeli dan dibutuhkan.

Baca:  Bangkitkan Semangat Diri Saat Pandemi bersama ALIVE Fest 2020

Buat Anggaran

Cara mengatur keuangan selama liburan terakhir adalah dengan membuat anggaran dari awal hingga liburan selesai. Mulai dari harga tiket, biaya lokasi liburan yang akan dikunjungi, biaya transportasi yang akan digunakan, biaya makan sehari, biaya penginapan dan lain-lain. Nah, ada baiknya bikin detail budget dari hari pertama sampai pulang kampung.

Untuk Mampaps yang ingin belanja di penghujung tahun juga bisa daftar periksa barang apa saja yang dibutuhkan beserta harga asli produk tersebut. Jika sudah dianggarkan, maka kita tahu berapa biayanya nanti, baik saat liburan maupun belanja di akhir tahun.

Kegiatan Akhir Tahun dengan Pengeluaran Minimal

Sumber gambar: forbes.com

Tak ada salahnya jika Mampaps memilih untuk menghabiskan waktu bersama di penghujung tahun ini, banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan dengan biaya minim tentunya. Apa saja aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan? Kegiatan berikut dapat dilakukan:

Baberque dengan Keluarga atau Tetangga

Tak lengkap rasanya jika malam tahun baru tidak ada jagung bakar, sosis bakar, ikan bakar dan lain-lain. Nah, Mampaps bisa mengadakan pesta baberque kecil di rumah bersama keluarga atau mengundang tetangga untuk mengikuti pesta malam tahun baru kali ini.

Baca Juga: q

Pastinya suasananya akan sangat hangat dan semakin familiar jika ditambah dengan beberapa permainan seru seperti bermain kartu, kebenaran atau der, ular tangga, dan permainan lainnya.

Pesta kembang api

Tidak hanya barberque Just Mampaps, pastikan kembang api juga siap dinyalakan di Malam Tahun Baru. Berhati-hatilah saat menyalakan kembang api! Jangan lupa juga siapkan terompet dan bunyikannya saat pergantian tahun. Wow, pasti sangat mengasyikkan dan sibuk bahkan di rumah.

Karaoke

Hobi menyanyi? Karaoke bisa menjadi pilihan terbaik untuk menyambut akhir tahun yang bahagia bersama keluarga. Pilih saja lagu keluarga favorit yang akan dinyanyikan bersama di malam tahun baru. Siapkan juga snack dan minuman.

Nonton bareng

Buat Mampaps yang gemar nonton, sudah saatnya nonton film marathon favorit bersama keluarga jelang Tahun Baru. Ayo siapkan judul-judul film yang akan kamu tonton nanti dan juga siapkan berbagai jajanan untuk menemani Mampaps dan keluarga saat menonton.

Begitu, Sudahkah Anda memutuskan untuk menghabiskan liburan akhir tahun di mana Mampaps? Bagaimanapun, pastikan Anda selalu mematuhi protokol kesehatan dan tahu cara mengelola keuangan Anda dengan benar saat berlibur agar keuangan Anda tetap stabil setelahnya. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Postingan Cara Mengelola Keuangan Saat Liburan Akhir Tahun Saat Pandemi Muncul pertama kali di Mamapapa.id.