Ibu Hamil Naik Pesawat? Cek Tips dan Persiapannya

sumber: orami

Situasi tertentu mungkin mengharuskan Anda naik pesawat. Seperti ada kabar duka cita yang mengharuskan ibu hamil pulang untuk terbang, atau sekedar baby moon ke tempat impiannya. Namun, apakah aman bagi ibu hamil untuk naik pesawat? Mungkin kita pernah mendengar sebelumnya tentang risiko naik pesawat saat hamil. Apakah itu benar? Apa pendapat medisnya?

Pada dasarnya pesawat terbang merupakan kendaraan yang cukup aman dan nyaman bagi ibu hamil dengan kehamilan yang sehat dan normal. Namun, jika Bunda memiliki penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, atau mengalami persalinan prematur, sebaiknya ibu hamil memeriksakan kondisi kandungannya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengajak ibu hamil naik pesawat.

Resiko Wanita Hamil di Pesawat

Ada beberapa resiko (walaupun kecil) yang dapat terjadi, diantaranya:

  • Gangguan janin hingga keguguran. Paparan radiasi atmosfer saat pesawat berada di udara dapat menimbulkan masalah atau gangguan pada janin hingga keguguran. Namun, risiko ini kecil kemungkinannya dan hanya merupakan risiko nyata bagi ibu hamil yang sering terbang menggunakan pesawat. Jadi jangan khawatir Bu.
  • Varises dan pembekuan darah di pembuluh darah vena. Untuk mencegah hal tersebut, para ibu bisa menghindarinya dengan menggunakan stocking kompresi atau stocking penerbangan.
  • Penurunan kadar oksigen dalam darah. Berada di pesawat saat berada di udara menyebabkan tekanan udara di dalam pesawat berkurang. Namun risiko ini tidak berlaku bagi ibu dengan kondisi kehamilan yang sehat dan normal.

Baca juga: Awas Ma, Bahaya Asap Vape Bagi Ibu Hamil!

Ini adalah usia kehamilan yang aman untuk naik pesawat

Wanita hamil yang terbang dengan pesawat cenderung aman, namun ada usia kehamilan tertentu yang direkomendasikan para ahli medis terkait waktu aman naik pesawat saat hamil. Usia kehamilan pada trimester kedua atau sekitar minggu ke 28 merupakan waktu yang tepat dan aman untuk naik pesawat.

Hindari naik pesawat pada trimester pertama. Pasalnya, pada trimester ini perjalanan cenderung tidak nyaman, apalagi jika Bunda mengalami mual dan muntah. Selain itu, trimester pertama juga rawan keguguran, sehingga disarankan untuk tidak naik pesawat terlebih dahulu.

Baca:  Flu Perut pada Anak, Memang Ada ya Mams?

Bagaimana dengan kehamilan trimester ketiga? Usia kehamilan di atas 36 minggu tidak diperbolehkan untuk naik pesawat untuk menghindari kontraksi dan sebagainya. Jika ibu hamil anak kembar, batas usia kehamilan yang aman berubah menjadi 32 minggu.

Baca Juga: Mengungkap Mitos Tentang Kehamilan! Temukan Faktanya Di Sini

Persiapan Sebelum Wanita Hamil Naik Pesawat

  • Konsultasikan dengan dokter kandungan andalan untuk memastikan kehamilan yang sehat dan aman untuk naik pesawat
  • Cari tahu tentang informasi rumah sakit atau bidan di sekitar tempat tujuan
  • Jika memutuskan pergi ke luar negeri, Bunda wajib divaksinasi
  • Pastikan untuk tiba di bandara lebih awal dari jadwal keberangkatan. Ini agar Mampaps memiliki waktu luang untuk melakukan proses check-in dan keamanan.
  • Informasikan petugas bandara (saat chech-in) tentang kehamilan agar bisa mempersiapkan kebutuhan ibu senyaman mungkin

Tips Agar Ibu Hamil Nyaman di Pesawat

  • Kenakan pakaian, sepatu, dan stoking kompresi yang longgar dan nyaman
  • Minum banyak minuman untuk mencegah dehidrasi
  • Memilih tempat duduk di dekat pelaminan, hal ini agar Mams bisa leluasa bergerak
  • Tidak duduk terlalu lama, bergantian dengan jalan santai singkat di sepanjang pelaminan. ini berguna untuk sirkulasi darah.

Baca Juga: Terkena DBD Saat Hamil? Ini Resiko dan Penangannya!

Ketentuan umum maskapai untuk wanita hamil:

  • Kehamilan di atas 28 minggu
  • Maskapai akan mengeluarkan Surat Pelepasan Kewajiban untuk ditandatangani oleh wanita hamil tersebut
  • Ibu hamil wajib mencantumkan keterangan medis fiber yang memuat kesehatan ibu dan janin, jenis kehamilan (tunggal atau ganda), dan ramalan hari lahir (HPL).

Mams bisa mendapatkan surat kesehatan seminggu sebelum keberangkatan dari dokter kandungan. Beberapa maskapai penerbangan mungkin memiliki ketentuan lain yaitu harus Mampaps untuk mengetahui terlebih dahulu informasinya sebelum hari keberangkatan.

Kiriman Pesawat Wanita Hamil? Tips dan Persiapan Pengecekan muncul pertama kali di Mamapapa.id.