Ingin Keluarga Harmonis? Ini 5 Kunci Harmonisnya Rumah Tangga

Ingin Keluarga Harmonis? Ini 5 Kunci Harmonisnya Rumah Tangga

Jumlah kasus perceraian selama pandemi terus meningkat. Ini disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu penyebab rusaknya keharmonisan rumah tangga adalah kondisi ekonomi yang semakin sulit. Banyaknya suami yang terpaksa kehilangan pekerjaan membuat ekonomi keluarga kacau dan bisnis gulung tikar.

Bahkan, sikap yang merusak rumah tangga pasangan tersebut selama pandemi ini juga memicu keributan. Sebenarnya apa saja tips menjadi keluarga yang harmonis agar tidak terjadi gangguan dalam rumah tangga?

Pentingnya Menjaga Rumah Tangga yang Harmonis Selama Pandemi

gambar-gambar hidup harmonis di rumah

Sejak awal menikah, tentunya Mampaps menyadari bahwa pernikahan adalah sinkronisasi dua kepala yang berbeda. Pikiran yang terkadang bersinggungan, emosi yang terkadang bersinggungan, bahkan sikap yang tanpa disadari merusak rumah tangga datang dari diri kita sendiri dan juga pasangan kita.

Tanpa disadari, Mampaps telah mempelajari dan mengalami beberapa pemicu gangguan rumah tangga yang kerap terjadi sejak awal pernikahan. Mulai dari sikap yang merusak keharmonisan rumah tangga hingga faktor lainnya. Hanya saja mungkin Mampaps tidak pernah membayangkan berada satu atap dengan pasangan Anda 24 jam sehari.

Perbedaan pendapat, sikap yang merusak rumah tangga, bahkan perasaan yang selalu ingin dipahami terkadang mengalahkan cinta yang sedang memperebutkan masa lalu. Adanya keributan di tengah pandemi adalah hal yang wajar. Namun tahukah Anda bahwa Mampaps sangat berbahaya bagi kesehatan mental dan fisik? Berikut ini adalah pentingnya menjaga keharmonisan rumah tangga saat terjadi pandemi.

Prioritaskan Perasaan Si Kecil

Selama pandemi, sekolah menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk semua siswanya. Dengan demikian, si kecil akan menghabiskan seluruh waktunya di rumah bersama Mama dan Papa. Melihat Mama dan Papa bertengkar dan membuat banyak suara tinggi bisa membuatnya sedih. Sikap yang merusak rumah tangga juga bisa merusak kondisi mental dan psikologis anak lho, Bu.

Memang permasalahan dalam rumah tangga sangat wajar dan tidak mungkin hilang dari kehidupan. Namun, membesar-besarkan masalah hingga terjadi keributan bukanlah pemandangan yang bagus untuk si kecil.

Baca Juga: Manajemen Emosi untuk Mama Menghadapi Si Kecil dengan Dokter yang Sehat

Mengajar Tentang arti cinta untuk anak

Melihat keharmonisan Mampaps akan membuat si kecil merasa senang. Ini penting untuk kesehatan mental dan fisiknya di tengah pandemi. Kebahagiaan bisa meningkatkan imunitas agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Sehingga penting bagi Mama dan Papa untuk menghindari perselisihan dan sikap yang merusak rumah tangga.

Mencegah rasa stres pada anggota keluarga

Tidak dapat dipungkiri bahwa permasalahan yang sering terjadi dalam keluarga dapat menimbulkan stres, baik bagi yang tidak mampu maupun bagi SI Kecil. Jika Anda bahagia, Anda dapat meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh Anda, sebaliknya, Anda dapat stres. Stres dapat membuat daya tahan tubuh Anda menurun sehingga Anda mudah sakit. Selain itu, saat tubuh sedang stres, organ bekerja lebih cepat, yang bisa memicu penyakit.

Baca Juga: Viral Mertua Ganggu Rumah Tangga Hingga Perceraian!

Sikap yang Merusak Keharmonisan Rumah Tangga

Sikap yang merusak rumah tangga

Tak bisa disalahkan di satu sisi, sikap suami istri kerap memicu keributan dalam rumah tangga yang harmonis. Berikut ini adalah sikap-sikap yang merusak rumah tangga dan harus dihindari, agar tidak memperburuk keadaan saat terjadi pandemi.

Sikap Suami Yang Bisa Menimbulkan Keributan

Wanita terkadang sulit untuk dimengerti, namun suka atau tidak suka, Papa harus berusaha baik kepada Mama yang tanpa lelah mengurus rumah tangga setiap hari. Berikut sikap suami yang bisa bikin heboh.

  • Tidak menunjukkan kepedulian
  • Enggan bermain dengan si kecil
  • Mudah marah
  • Kata-kata kasar
  • Bermain tangan
  • Meremehkan tugas istri
  • Tidur di kamar yang berbeda dengan istri
  • Mencari-cari kesalahan wanita / istri
Baca:  Badan Bergerak Sendiri, Hati-hati Alami Tourette Syndrome, Ma!

Sikap Seorang Istri yang Bisa Menimbulkan Keributan

Keegoisan adalah dasar dari perselisihan antar pasangan. Bukan hanya suami, tapi juga sikap yang merusak rumah tangga dari segi istri.

  • Semoga suami selalu membantu
  • Merasa paling lelah
  • Harapkan suami menjadi romantis
  • Kesalahan suami berlebihan
  • Boros

Baca Juga: 7 Cara Mendidik Anak Menjadi Disiplin, Mandiri, dan Bertanggung Jawab

Ciptakan Keluarga yang Harmonis! 5 Kunci Rumah Tangga yang Harmonis

gaya pengasuhan

Menjadi keluarga yang harmonis adalah dambaan. Untuk menghindari kebingungan dan kesalahpahaman dalam rumah tangga, ada beberapa hal yang harus dilakukan di rumah untuk menjadi keluarga yang harmonis. Berikut 5 kunci keharmonisan rumah tangga untuk mengantisipasi sikap yang merusak rumah tangga.

1. Berharap lebih dari pasangan Anda

Kisah cinta dan hubungan pasangan di serial drama Korea ini memang manis dan penuh dengan hal romantis. Namun, ingatlah bahwa ini hanya hiburan. Nyatanya, tidak semuanya bisa dibandingkan dengan apa yang dilihat di drama Korea. Berharap bahwa suami Anda romantis atau sensitif bisa menimbulkan masalah bagi pasangan Anda. Kode-kode itu tampaknya tidak pada tempatnya dalam kehidupan hari ini. Kalau ada yang mau, ucapkan ya Bu.

2. Selesaikan Setiap Masalah Dengan Suara Lambat

Suara yang terangkat adalah sikap yang menghancurkan rumah tangga dan memancing emosi pasangan. Selain itu, suara yang tinggi dapat menimbulkan ketakutan bahkan trauma pada anak. Biasakan bersabar dalam menghadapi masalah rumah tangga. Bicaralah dengan suara rendah untuk meredam kemungkinan kebisingan.

3. Belajar Mengelola Emosi

Setelah mengalami banyak masalah di tengah intensitas pertemuan dengan pasangan, kini saatnya Anda mempelajari cara memproses emosi Anda. Emosi yang terkendali dapat membuat suasana menjadi kondusif dan menyenangkan. Jika ada masalah dalam rumah tangganya, pastikan selesai di hari yang sama ya, Mampaps.

4. Bersyukurlah dan lakukan yang terbaik untuk keluarga

Banyak pria ingin punya istri agar bisa bersama mereka setiap hari. Bahkan wanita, memiliki pria yang bertanggung jawab dan mencintainya adalah sesuatu yang didambakan banyak orang. Ketika Anda tidak mampu melakukannya, bersyukurlah dengan melakukan yang terbaik untuk keluarga Anda, termasuk mengubah sikap buruk dalam diri Anda. Ini perlu dilakukan oleh mama dan papa, tidak bisa hanya dilakukan oleh salah satu pihak.

Sesekali, memang perlu untuk bisa memberikan sedikit kejutan untuk menghidupkan kembali cinta yang dulu menggebu-gebu. Jika kondisinya tidak memungkinkan, setidaknya berikan senyuman saat pasangan melakukan kesalahan. Tanpa disadari hal ini membuat hati pasangan semakin tenteram. Karena menegur tidak harus berteriak, bukan?

5. Ketulusan atas apa yang dilakukan untuk keluarga

Saat hati ikhlas tentang apa yang dilakukan, tidak ada lagi perasaan kecewa saat pasangan tidak melakukan hal yang kita inginkan. Belajar memahami karakteristik pasangan lebih dalam juga bisa membuat kita lebih ikhlas tentang segala sikapnya. Karena dialah yang diimpikan mendampingi hidup sampai mati.

Baca Juga: Wow, Hubungan Intim Masih "Panas" Bahkan Dengan Anak-Anak!

Selain itu, ingatlah bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Baik pasangan kita, maupun diri kita sendiri. Menerapkan toleransi terhadap kesalahan pasangan juga penting untuk menghindari keributan dalam kehidupan pernikahan. Selamat menikmati masa pandemi bersama keluarga harmonis Anda, Mampaps.

Postingan Ingin Keluarga Harmonis? 5 Kunci Rumah Tangga Harmonis ini muncul pertama kali di Mamapapa.id.