Ini Lho Ma, Kunci MPASI Enak dan Lezat!

Ini Lho Ma, Kunci MPASI Enak dan Lezat!

Bunda, saat memasuki usia 6 bulan, kebutuhan energi dan nutrisinya si Kecil tidak lagi tercukupi hanya dengan ASI! Untuk itu diperlukan tambahan nutrisi dari makanan padat yaitu MP-ASI atau yang dikenal dengan istilah MPASI. Dalam mempersiapkan MPASI tentunya Mama telah mempersiapkan segala perlengkapannya seperti bayi pembuat makanan, piring dan sendok, kursi makan dan bahkan beberapa bahan yang akan disantap si kecil nanti. Lalu saat memasak dan menyajikan MPASI yang enak dan enak untuk si kecil, apakah caranya sudah tepat?

Baca Juga: Apa yang harus diperhatikan untuk memulai makanan padat?

Biasanya dalam proses pembuatan MPASI para ibu-ibu dalam pembuatan MPASI akan menyatukan semua bahan, dan ini sudah terjadi sejak jaman dulu. Nah, terkadang hal inilah yang membuat si kecil mudah bosan dan menjadi mudah bagi GTM alias Shut Up Movement. Lalu bagaimana caranya agar si kecil tidak GTM? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Pentingnya MPASI Enak dan Lezat untuk Anak

sumber gambar: mindyourfitness.in

Membuat makanan padat yang enak dan enak tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Mama, tidak hanya enak dan enak, tetapi Mama juga memperhatikan nilai gizi dan gizinya. Untuk memastikan MPASI yang Bunda berikan kepada si Kecil enak dan enak, perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Pastikan bahan makanan padat dicuci bersih

Sebelum mulai memasak, pastikan Mama mencuci dulu bahan MPAS tersebut di bawah air mengalir, bukan dengan merendamnya. Mengapa? Pasalnya, jika direndam akan kehilangan kandungan nutrisinya terutama pada sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C.

  • Perhatikan cara memasak dan mengolahnya

Selanjutnya agar MPASI menjadi enak dan enak, Mama harus memperhatikan cara memasaknya. Nah, mengukus bahan makanan merupakan cara yang baik untuk menjaga kandungan gizi makanan. Namun jika memilih memasak dengan cara direbus, perhatikan waktu, suhu dan jumlah air yang akan digunakan karena jika tidak maka akan kehilangan nutrisi dalam makanan.

Baca juga: Tekstur padat harus disesuaikan dengan pertumbuhan gigi?

Untuk pemberian buah-buahan seperti pir atau apel, sebaiknya kupas kulitnya terlebih dahulu sebelum membuat haluskan. Untuk memberikan makanan pendamping berupa ikan atau daging, perhatikan cara mengolahnya seperti tingkat kematangannya.

  • Jangan gunakan blender
Baca:  Dievaluasi, penentuan status kelurahan dan RW zona merah di Kota Bogor

Blender bisa jadi cara cepat untuk mengolah makanan si kecil, namun ternyata hal tersebut bisa menurunkan nilai gizi makanan padat! Hal ini dikarenakan, putaran bilah blender dapat menghasilkan panas. Untuk itu, sebaiknya haluskan makanan menggunakan sendok atau penggiling khusus MPASI.

  • Perhatikan tingkat kehalusannya

Tekstur MPASI bisa menentukan MPASI enak dan enak ya Bu! Nah, penentuan tekstur ini tentunya dilihat dari usia si kecil. Pada awal pemberian MP-ASI sebaiknya diberikan makanan yang benar-benar enak kemudian ditingkatkan lagi pada usia 9 bulan ke atas secara bertahap mulai dari yang lebih kasar agar si kecil bisa belajar mengunyah makanannya.

Pisahkan Karbohidrat dan Protein, Ma!

Sumber gambar: askhealthnews.com

Kunci utama membuat padatan padat yang enak dan gurih untuk si kecil adalah memisahkan bahan makanan yang mengandung karbohidrat dan protein. Mengapa? Karena jika ditambahkan ke nasi tim, kemungkinan si kecil akan merasa mual dan mual.

Baca Juga: Enak! Inilah 5 Rekomendasi Keju untuk Si Kecil!

Beberapa ahli mengatakan, jika Anda memberikan makanan pendamping pada si kecil, pastikan kadar garam, gula dan lemak (GGL). Tidak masalah jika tidak dicicipi, lebih baik si kecil menikmati MPASI dari bahan makanan alami seperti rasa sayur yang manis.

Nah, yang terpenting dalam membuat MPASI yang enak dan enak adalah proses pembuatannya dari hati dan penuh kasih sayang Bu! Pastikan dalam setiap resep MPASI yang Mama jalankan selalu ada rasa damai dalam membuatnya untuk si kecil.

Postingan Ini adalah Kunci Makanan Padat Yang Lezat dan Lezat! muncul pertama kali di Mamapapa.id.