Mengapa Hujan Bikin Perasaan Anda Menjadi Galau?

Pernahkah Anda merasa resah ketika langit gelap dan hujan turun? Jika demikian, Anda tidak sendiri. Fenomena ini ternyata banyak dialami oleh banyak orang dan memang berkaitan dengan cuaca di sekitar Anda. Dengan kata lain, hujan benar-benar bisa membuat seseorang kesal.

Universitas Negeri Pennsylvania disebutkan bahwa cuaca sangat mempengaruhi tingkah laku dan cara berinteraksi dengan orang lain, akan tetapi pengaruhnya berbeda-beda pada tiap orang dan tergantung kondisi masing-masing. Lantas, apa alasan ilmiah di balik hujan yang membuat Anda kesal? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mengapa hujan membuat Anda merasa tidak enak?

pola pikir sedih sedih depresi stres pusing

Cuaca buruk bisa menciptakan suasana hati seseorang menjadi negatif, seperti yang ditemukan dalam sebuah penelitian di jurnal tersebut Ilmu. Menurut penelitian tersebut, sekitar sembilan persen orang termasuk dalam kelompok orang yang membenci hujan.

Kelompok ini merasa lebih mudah tersinggung dan kurang senang saat curah hujan tinggi. Riset pendukung lainnya bahkan menemukan bahwa hujan membuat orang lebih sering menulis hal-hal negatif di media sosial.

Psikolog klinis di San Francisco, Tecsia Evans, Ph.D., mengatakan bahwa sebagian orang lebih mudah merasa sedih dan sendirian saat cuaca mendung. Namun, hujan tidak langsung bikin kamu kesal. Perasaan bingung ini muncul dari keadaan di sekitar Anda.

Hujan mungkin membuat Anda ingin tinggal di dalam kamar dan menutupi diri Anda dengan selimut, namun hal ini dapat membatasi cahaya yang masuk ke dalam rumah. Padahal, sejumlah penelitian menemukan bahwa paparan cahaya bisa meningkatkan serotonin. Serotonin adalah senyawa yang menyebabkan perasaan bahagia.

Hujan deras juga membatasi aktivitas yang bisa Anda lakukan. Anda juga tidak bisa melakukan rutinitas atau aktivitas yang menyenangkan seperti bertemu teman, berolahraga, dan lain sebagainya. Akibatnya, Anda lebih mudah merasa sedih dan lelah.

Jika Anda merasa sulit berkonsentrasi saat hari hujan, ini juga salah satu efek cuaca. Berdasarkan sejumlah penelitian sebelumnya, kelembapan yang tinggi saat hujan dapat memicu rasa kantuk dan mengakibatkan penurunan konsentrasi.

Seakan belum cukup, cuaca mendung dan hujan yang terus turun juga membuat suatu hari terasa singkat dan tidak menyenangkan seperti hari yang cerah. Semua itu terjadi secara bersamaan dan menimbulkan kesan seolah-olah sedang hujan yang membuat Anda merasa kesal.

Hujan tidak selalu membuatmu kesal

perawatan kulit eksim saat musim hujan atau di ruangan yang sejuk

Hujan dapat menyebabkan emosi negatif, tetapi itu tergantung pada banyak faktor dan kondisi yang dialami seseorang. Efek hujan menyala suasana hati bahkan bisa sangat berbeda dari satu orang ke orang lainnya.

Sebagai contoh, suasana hati pria saat hujan cenderung lebih stabil dibandingkan wanita. Ini karena pria lebih cuek dengan perubahan cuaca. Mereka hanya perlu membatalkan rencananya atau menjalankan aktivitas di lain hari.

Dampak hujan juga lebih terasa pada orang yang mengalami depresi. Hujan mungkin tidak hanya membuat mereka merasa sedih dan kesal, tetapi juga dapat memperburuk gejala depresi itu sendiri. Di sisi lain, gejala-gejala tersebut hanya akan membaik setelah cuaca cerah.

Selain itu, faktor tempat tinggal juga memiliki peran. Jika Anda tinggal di daerah dengan curah hujan tinggi, kemungkinan besar hujan tidak akan berpengaruh banyak suasana hati Kamu. Namun, jika terbiasa dengan terik matahari, Anda mungkin akan lebih mudah merasa sedih saat hujan.

Aktivitas menyenangkan untuk dilakukan saat hujan

cara membunuh kuman kudis

Untuk menghilangkan kebingungan saat hujan, Tecsia menyarankan untuk melakukan aktivitas menyenangkan lainnya di rumah. Pasalnya, berada di rumah sendiri tanpa aktivitas atau interaksi dengan orang lain bisa memperburuk keadaan suasana hati.

Ada beberapa aktivitas lain yang bisa Anda coba, misalnya:

  • Rendam dalam air hangat dan busa
  • Masak bersama anggota keluarga lainnya
  • Dimainkan permainan dengan teman-teman di rumah
  • Latihan ringan seperti jogging disekitar rumah, push-up, dan naik tangga
  • Membersihkan rumah
  • Jaga diri dengan mandi, keramas, mengecat kuku, dan sebagainya
  • Mendengarkan musik atau menonton film
Baca:  Tiba-tiba Keluar Air Mani Padahal Tidak Terangsang, Kok Bisa?

Hujan deras dan cuaca mendung bisa membuat kesal sebagian orang. Fenomena ini sebenarnya wajar dan dialami banyak orang. Namun, Anda mungkin tidak bisa menikmati waktu Anda di rumah karena terus merasa sedih.

Kunci untuk mencegah emosi negatif akibat hujan adalah tetap aktif dan berinteraksi dengan orang lain. Lakukan apapun yang membuat Anda merasa bahagia dan berbicaralah dengan orang-orang terdekat Anda. Dengan begitu, hujan tidak akan membuatmu sedih atau kesepian.

Postingan Mengapa Hujan Membuat Anda Kesal? muncul pertama kali di Hello Sehat.