Minum Paracetamol Saat Hamil, Apakah Aman?

Obat-obatan tertentu mungkin tidak aman digunakan saat hamil. Dosis tinggi obat-obatan tertentu dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Bukan hanya obat keras, tapi obat ringan bisa menyebabkan hal buruk pada bayi Anda. Lalu, bagaimana dengan mengonsumsi parasetamol saat hamil, apakah berbahaya?

Risiko mengonsumsi parasetamol saat hamil

Parasetamol adalah obat untuk menurunkan demam dan juga meredakan sakit dan nyeri. Karena fungsinya tersebut, Anda mungkin sering membutuhkan obat ini, termasuk saat Anda sedang hamil.

Banyak penelitian telah dilakukan untuk mengetahui hal ini. Secara umum, penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil mengonsumsi parasetamol aman. Tidak ada bukti kuat bahwa mengonsumsi parasetamol selama kehamilan dapat membahayakan janin.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ada hubungan antara penggunaan parasetamol saat hamil dan peningkatan risiko asma pada anak. Penelitian lain menunjukkan bahwa ada hubungan antara penggunaan parasetamol selama kehamilan dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) pada anak-anak. Namun, bukti ini belum kuat dan perlu dilakukan lebih banyak penelitian.

Karena itu, jangan sembarangan mengonsumsi parasetamol saat hamil. Anda disarankan mengonsumsi parasetamol dengan dosis terendah. Anda juga tidak disarankan mengonsumsi parasetamol dalam waktu lama.

Anda juga perlu memerhatikan penggunaan obat paracetamol yang dikombinasikan dengan obat lain, seperti obat untuk mengatasi batuk dan pilek. Anda harus memastikan bahwa obat lain yang dikombinasikan dengan parasetamol juga aman digunakan selama kehamilan.

Berapa dosis paracetamol yang baik selama kehamilan?

Meskipun parasetamol mungkin tidak berbahaya bagi wanita hamil, Anda harus memperhatikan dosis paracetamol harian Anda. Dosis parasetamol yang Anda konsumsi selama kehamilan adalah satu atau dua tablet (total 500 mg atau 1000 mg). Parasetamol bisa diminum hingga empat kali sehari (setiap 4-6 jam).

Namun, sebelum mengonsumsi parasetamol saat hamil, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Anda mungkin disarankan untuk mengonsumsi parasetamol dengan dosis yang lebih rendah dari itu.

Jika Anda sedang mengonsumsi obat lain, perhatikan kandungan obat tersebut yang mungkin juga mengandung parasetamol. Selalu konsultasikan dengan dokter setiap kali Anda ingin minum obat. Jika Anda sudah menggunakan parasetamol dan tidak berhasil pada Anda, Anda juga harus membicarakannya dengan dokter Anda.

Postingan Mengkonsumsi Paracetamol Saat Hamil, Amankah? muncul pertama kali di Hello Sehat.

Baca:  7 Cara Tampil Maksimal Saat Online Meeting