Stres di Rumah Saja Picu Perselisihan Rumah Tangga, Awas Mams!

Stres di Rumah Saja Picu Perselisihan Rumah Tangga, Awas Mams!

Berapa lama Mampaps berada di rumah selama pandemi? Ayo, seberapa baik atau buruk itu? Ini bisa dikatakan wajar jika sengketa rumah tangga tidak terjadi setiap hari, Mampaps, lalu bagaimana dengan Mampaps di rumah?

Saat terjadi pandemi, semua anggota keluarga pasti ada di rumah dan tentunya akan bertemu setiap hari selama 24 jam berturut-turut. Tentunya akan ada penyesuaian antara Mampaps dan Si Kecil, karena ini kondisi baru dengan jadwalnya masing-masing. Nah, menurut psikolog semakin sering orang bertemu, potensi konflik semakin meningkat. Kenapa tidak? Karena menghabiskan waktu bersama bisa menimbulkan emosi, ketegangan, permusuhan, hingga kekerasan dalam rumah tangga. Selain itu, tingkat stres juga meningkat selama pandemi ini.

Perselisihan Rumah Tangga Selama Pandemi

Apa itu Family Burnout?

Sumber gambar: behavioralhealthflorida.com

Mampaps, sudah ada yang tahu apa itu kelelahan keluarga? Ya, hal ini bisa diartikan sebagai kondisi di mana keluarga merasa lelah atau stres dalam menghadapi suatu masalah. Apalagi pada masa pandemi ini, banyak warga Mampap yang merasa kewalahan membagi waktu antara mengerjakan PR, pribadi, dan mengurus si kecil. Sehingga kondisi ini memicu terjadinya sengketa rumah tangga.

Baca Juga: Artis dan Tren Pernikahan Muda? Jangan terburu-buru!

Misalnya Papa mulai mengerjakan pekerjaan kantoran di rumah, Mama juga bekerja di rumah dan ditambah lagi mengerjakan pekerjaan rumah tangga lainnya serta mengurus sekolah si kecil. Wah, membayangkannya saja sudah cukup rumit. Tapi, ya, inilah yang akan terjadi untuk membiasakan diri dengan rutinitas baru selama pandemi.

Lalu bagaimana dengan gejalanya kelelahan keluarga itu terjadi? Dikutip dari journal.sociolla.com Menurut Dr. Pavan Madan selaku psikiater anak dan remaja bersertifikat dari California, ada tiga gejala utama kelelahan keluarga yang dirasakan orang tua, yaitu:

  • Merasa lelah secara fisik dan emosional
  • Tidak bisa menangani dan mengurus tugas biasa
  • Merasa mudah tersinggung.

Dampak Perselisihan Dalam Rumah Tangga Saat Pandemi

Sumber gambar: www.cedars-sinai.org

Bekerja di rumah sambil mengasuh anak dan membimbing mereka untuk belajar tentu sangat melelahkan. Mampaps, jadi tidak jarang sebagian orang tua merasa stres dan mudah tersinggung. Kemudian dampak perselisihan rumah tangga selama pandemi lainnya bisa terjadi pada hubungan suami istri yang biasanya tidak setiap saat bertemu, kali ini mereka dituntut untuk membiasakan diri dengan gaya hidup baru. Nah, dampak yang terjadi jika emosi tidak terkendali adalah terjadinya kekerasan dalam rumah tangga bahkan banyak pasangan suami istri yang berakhir di ambang perceraian atau biasa disebut sebagai fenomenacoronavirus perceraian.

Bukan cuma Mampaps yang pernah mengalaminya habis terbakar, Si kecil Anda juga bisa terpengaruh oleh ini selama pandemi ini! Seperti mudah tersinggung, iritasi, susah tidur, bahkan penurunan kemampuan akademis. Wah lumayan mengkhawatirkan ya Mampaps! Semoga perselisihan rumah tangga ini dapat ditangani dengan baik selama pandemi.

Baca Juga: Pola Komunikasi Intim untuk Pasangan dengan Coach Lex dePraxis

Mencegah Perselisihan Dalam Rumah Tangga Selama Pandemi

Sumber gambar: www.tallahasseemagazine.com

Baca:  Apakabar Kesehatan Mental Anak dan Orang Tua Selama PJJ?

Semua masalah tentu saja punya solusinya, bukan Mampaps! Nah, untuk mencegah terjadinya perselisihan rumah tangga saat terjadi pandemi, Anda bisa mengikuti tips berikut ini:

  • Pastikan Mampaps menyisihkan waktu untuk waktu ku, Seperti saat anak-anak tidur, Mampaps bisa menonton film favoritnya atau makan makanan yang mereka suka
  • Jangan berikan hukuman jika si kecil marah atau kesal bisa stres karena kondisinya yang sekarang. Cobalah untuk berbicara dengan lembut dan bantu menemukan solusi.
  • Buatlah jadwal dan rutinitas harian, cek daftar mana saja yang telah dilakukan. Ini sangat berguna untuk menghindari konflik.
  • Jangan ragu untuk berbagi tugas dengan Mampaps! Pastikan untuk membantu satu sama lain dalam pekerjaan rumah.

Baca Juga: Hindari Ini Agar Aman Dari Perceraian!

Bagaimana Mampaps? Sengketa rumah tangga saat terjadi pandemi tentunya dapat terjadi dan tentunya juga dapat diselesaikan dengan baik jika komunikasi antara Mampaps dan Si Kecil berjalan dengan baik. Intinya, komunikasikan dan jangan sungkan untuk meminta bantuan saat kalian berdua di rumah. Begitu, Jaga kesehatan jiwa dan raga selama pandemi, oke? Semoga bermanfaat.

Postingan Stres di Rumah Justru Picu Perselisihan Rumah Tangga, Awas Bu! muncul pertama kali di Mamapapa.id.