Viral Mertua Ikut Campur Rumah Tangga Hingga Bercerai!

sumber: difeatingdivorce.com

Tanpa disadari, pihak ketiga seringkali datang ke rumah kita. Eit, tak hanya pria atau wanita idaman lainnya, mertua bahkan mertua pun masih menjadi pihak ketiga yang harus diwaspadai. Jika Anda tidak berhati-hati, campur tangan mertua Anda dalam rumah tangga pasangan yang sudah menikah bisa menjadi masalah serius.

Seperti video viral di mana seorang ipar ikut campur dalam rumah tangga dan memarahi menantunya. Meski sang istri yang merupakan menantu telah turun tangan dan menenangkan sang ibu, namun kejadian tersebut terus berlanjut. Ibu mertuanya mengatakan bahwa dia kesal karena melihat putra dan menantunya sering bertengkar. Hal ini diketahui sang ibu karena suami istri masih tinggal bersama ibu istri. Ia juga kesal karena menantunya menganggur sehingga istrinya harus bekerja dan menjadi tulang punggung keluarga. Akhirnya diketahui pasangan suami istri tersebut bercerai, salah satu penyebabnya adalah keterlibatan mertuanya

Video tersebut diunggah oleh akun tiktok @ w4hyu777 beberapa hari lalu. Namun, pengupload menjelaskan bahwa video tersebut adalah adegan rekayasa yang dibuat hanya untuk konten. Meski begitu, banyak hal yang bisa dijadikan hikmah dari adegan ini, salah satunya campur tangan mertua yang kerap berakhir petaka.

Hal-hal mertua dan mertua tidak bisa melakukannya

Mertua ikut campur dalam rumah tangga

Tidak hanya bagi mertua, sebagai menantu juga harus mengetahui batasan sikap dan tindakan terhadap mertua. Selain itu, kita juga harus tahu batasan tentang apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh mertua kita. Karena nanti kita akan menjadi menantu untuk menantu kita, lho Bu.

Baca juga: Tidak Akur dengan Ibu Mertua? Ikuti 7 Tips Ini Deh Mams!

Beberapa Hal Yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Mertua

Banyak hal yang menjadi kontradiktif hingga menyebabkan hubungan yang tidak harmonis antara mertua dan menantu. Tidak sedikit mertua ikut campur dalam rumah tangga anak yang memicu perselisihan antara suami dan istri. Ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh mertua, termasuk.

  1. Pengasuhan yang benar
  2. Memaksa menantu melakukan sesuatu dengan caranya
  3. Mengkritik menantu di depan anaknya
  4. Selalu ingin diutamakan oleh anak-anak
  5. Membandingkan menantu satu sama lain
  6. Memperlakukan menantu perempuan dengan buruk
  7. Menuntut anak dan menantu untuk tinggal di dekatnya
  8. Salahkan menantu jika anak tidak mengunjunginya
  9. Berkunjung mendadak alias tanpa dakwah dulu
  10. Hanya ingin dikunjungi tetapi tidak berniat menjenguk anak dan menantunya

Beberapa Hal Yang Seharusnya Tidak Dilakukan Menantu

  1. Memicu masalah dengan mertua
  2. Menyakiti mertua Anda di depan orang lain
  3. Abaikan nasihat
  4. Membatasi anak-anak yang mengunjungi nenek mereka
  5. Sabotase seolah-olah mereka milik sendiri dan membatasi berbagi atau mengunjungi orang tua mereka

Baca juga: Hubungan mertua tidak harmonis? Bikin Mertua Bahagia Deh!

Menantu dan Menantu Adab

Mertua ikut campur dalam rumah tangga

Tidak jarang hubungan antara mertua dan menantu terasa tegang dan tidak harmonis. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab keharmonisan ini, salah satunya adalah mertua ikut campur dengan rumah tangga anaknya. Namun, keduanya harus memiliki niat yang sama untuk memperbaiki keadaan, salah satunya dengan melakukan tata krama sebagai menantu dan menantu.

Menantu Melawan Menantu

Merasa bahwa mereka hidup lebih lama dan menganggap menantu mereka sebagai anggota "junior" dalam keluarga mereka, mertua sering menunjukkan keegoisan, kesan merendahkan, mertua ikut campur dalam rumah tangga, dan kompetitif. Perasaan bahwa Anda mengenal anak Anda lebih dekat, seharusnya tidak membuat mertua Anda melakukan tindakan sabotase. Padahal, keberadaan seseorang yang kini selalu berada di samping sang anak seharusnya membuat mertua bersyukur bahwa orang tua anaknya akan ditemani oleh seseorang yang mereka cintai. Beberapa mertua menentang menantu yang harus diketahui.

Memperlakukan Menantu Dengan Baik

Memperlakukan menantu dengan baik merupakan wujud rasa syukur atas pengabdian menantu kepada anaknya. Apalagi jika sudah lahir dari anak dan menantu. Tentu saja, menantu ini banyak hubungannya dengan dan merawat cucunya dengan penuh kasih sayang.

Baca:  Ingin Keluarga Harmonis? Ini 5 Kunci Harmonisnya Rumah Tangga

Menyadari Bahwa Setiap Menantu Itu Berbeda

Membandingkan menantu satu sama lain dapat merugikan salah satu dari mereka. Padahal, masing-masing menantu memiliki latar belakang masing-masing yang tentunya akan mempengaruhi pola pikir dan kebiasaan mereka hingga dewasa. Jika dirasa ada yang tidak beres atau melanggar norma, mertua bisa berdiskusi dengan baik dengan anak, biarkan anak menyampaikan pesan tersebut kepada pasangannya dengan kasih sayang.

Tidak Mengintervensi Setiap Keputusan Anak dan Menantu

Sebagai mertua, tentunya Anda pernah menjadi menantu dan merasa tidak nyaman ketika seseorang tampak ikut campur dalam pengambilan keputusan, padahal orang tersebut adalah mertuanya sendiri.

Memposisikan diri tentu bisa membuat kita lebih waspada, jika mertua ikut campur dalam rumah tangga anak maka akan menimbulkan banyak masalah.

Menyarankan Tanpa Memaksa Kehendak

Naluri setiap orang tua biasanya secara spontan akan menasihati anak atau menantunya tentang apa yang mereka lakukan. Hal ini bisa dilakukan tapi dengan penyampaian yang santai, lembut (tidak emosional / bersuara tinggi), dan tidak memaksa nasehatnya untuk diikuti.

Menghargai Pola Asuh Yang Telah Diterapkan

Saat berkunjung ke rumah, sebaiknya jangan asal membeli banyak barang atau makanan tanpa sepengetahuan anak dan menantu. Beberapa pasangan milenial memutuskan untuk tidak memberikan makanan tertentu kepada anaknya seperti makanan instan. Selain itu, pemberian siaran YouTube kepada cucu juga harus diketahui oleh anak dan mertua agar tidak menipu pola asuh yang selama ini dilakukan.

Tata Krama Melawan Mertua

Jangan hanya karena mertua mengintervensi rumah tangga Anda terus menerus, Mampaps sebagai menantu Anda akan mengabaikan sopan santun menantu Anda terhadap mertua Anda. Contohnya seperti:

Bangun Komunikasi yang Baik

Berbicara dengan mertua dapat mengikat tali silaturahmi atau kedekatan antara mertua dan mertua. Ini juga membutuhkan dukungan dari pasangan Anda.

Menceritakan Kebaikan Mertua kepada Anak

Hal ini bisa membuat si kecil semakin menyayangi kakek dan neneknya. Terlepas dari campur tangan mertua dalam rumah tangga, kita tidak boleh menanamkan kebencian terhadap anak.

Memberi Cinderamata Saat Berkunjung

Berapapun harganya, memberikan hadiah bisa menunjukkan kepedulian menantu terhadap mertuanya.

Mendukung Pasangan untuk Memiliki Komunikasi yang Baik

Baik dengan mengingatkannya untuk menelepon keluarganya, berkunjung, memberi sesuatu.

Baca Juga: Bikin Mertua Bahagia? Inilah keterampilannya!

Tanda Mertua Mengganggu Rumah Tangga

sinis

Beberapa tanda mertua ikut campur dalam rumah tangga anak dan menantunya:

  • Sering menanyakan pertanyaan detail terkait rencana hidup rumah tangga anak mereka
  • Perbaiki setiap keputusan yang dibuat oleh anak dan menantu
  • Ambil bagian dalam membuat keputusan dalam rumah tangga anak
  • Ingin terlibat dalam pengasuhan

Tips Berurusan dengan Mertua Yang Terlibat

Sikap mertua yang tidak menyenangkan hendaknya tidak dijadikan alasan untuk menjauh darinya. Sebagai menantu yang baik, Mampaps tetap harus memenangkan hati mertuanya. Beberapa tips yang bisa dilakukan Mampaps untuk menghadapi mertua yang mengganggu urusan rumah tangga.

  • Sabar
  • Introspeksi diri
  • Kenali mertua Anda lebih dalam
  • Hidup terpisah dengan mertua
  • Membuktikan bahwa dia bisa menjadi menantu terbaik
  • Jangan mempromosikan prasangka
  • Diskusikan dengan rekan

Baca juga: Menjadi Orang Tua Beda dengan Mertua? Atasi Segera!

Tidak lama berkenalan dengan mertua bisa menimbulkan kesalahpahaman, baik dengan perkataan maupun tindakan yang kita terima. Berdiskusi dengan pasangan merupakan cara paling efektif untuk mengetahui lebih detail tentang mertua lebih dekat.

Hal ini sangat membutuhkan peran pasangan sebagai anak mertua yang tentunya mengenalnya lebih dalam. Kerja sama keduanya dapat membuat hubungan menantu dan mertua menjadi lebih baik.

Posting Viral Mertua Mengganggu Rumah Tangga dan Bercerai! muncul pertama kali di Mamapapa.id.